Pastikan PON Aman ,Menkopolhukam Dan Mendagri Kunjungi Papua

Jayapura ,suarmamabruk.com –Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau persiapan PON XX Papua 2021 dan Pekan Paralimpiade Nasional(PEPARNAS) di Papua. Mahfud berharap pelaksanaan PON XX dan Peparnas dapat terlaksana dengan baik.

“Saya berharap pembukaan PON oleh Bapak Presiden pada 2 Oktober berlangsung lancar dan aman, meriah. Aman itu artinya dari tindakan-tindakan kriminil, atau keributan, sekaligus aman dari Covid. Sehingga prokes harus tetap menjadi hal yang tidak dilupakan,” kata Mahfud  Jumat(10/9/2021).

Mahfud menjelaskan alasan pemerintah melaksanakan PON dan Papernas di Papua. Kata dia, lantaran ingin terciptanya pesta olahraga di bumi cenderawasih. Sehingga bisa memperlihatkan Papua bisa maju bersama-sama seperti daerah lain di Tanah Air.

“PON dan Peparnas berjalan baik dan aman akan menjadi bukti bahwa negara ini benar-benar hadir secara efektif di Papua,” ungkap Mahfud Md.

Jadwal Kunjungan Menkopolhukam Dan Mendagri

Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian pada Jumat (10/9) meninjau kesiapan pelaksanaan PON XX yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021 di empat wilayah di Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, kepada Antara, di Jayapura, mengatakan Menkopolhukam dan Mendagri setibanya di Bandara Sentani akan langsung menuju Stadion Lukas Enembe yang berlokasi di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Selama berada di komplek olahraga di Indonesia Bagian Timur itu, Menkopolhukam bersama rombongan dijadwalkan melihat simulasi keluar masuk penonton serta penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

Kemudian keesokan harinya, Sabtu(11/9), sebelum ke Merauke, Menkopolhukam dan rombongan juga akan meninjau arena pertandingan yang ada di Kota Jayapura, di antaranya cabang olahraga layar, sepak bola dan GOR Cenderawasih serta wisma atlet yang berada di Rindam XVII Cenderawasih.

“Pada Sabtu siang (11/9), Menkopolhukam dan rombongan melanjutkan perjalanan mereka ke Merauke untuk melihat kesiapan pelaksanaan PON kota paling timur Indonesia itu,” kata Irjen Pol Mathius Fakhiri.

PON XX Papua akan berlangsung di empat wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Timika.

Papua dalam PON XX mengikutsertakan 945 atlet yang akan bertanding di 56 disiplin cabang olahraga. (SM04)

 

 

 22 total views,  22 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan