2022 Bus Air Beroperasi Di Papua Barat ,Apa Saja Rutenya .

Manokwari,Suaramamburk.com — Pemerintah Provinsi Papua Barat dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjalin kerja sama operasi bus air roro di wilayah Papua Barat dalam menunjang konektivitas transportasi di wilayah Timur Indonesia.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan pada tahun anggaran 2022 akan dibangun 3 unit bus air roro sebagai bagian dari peningkatan Konektivitas Kawasan untuk Pembangunan Inklusif di wilayah Papua 2022.

“Adapun rencana perjanjian kerja sama pengelolaan ketiga kapal bus air tersebut dengan PT ASDP selama masa waktu minimal tiga tahun dan dapat diperpanjang,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis 9 September 2021.

Ira pun menyambut positif dan mendukung penuh rencana kerja sama ASDP dengan Pemprov Papua Barat dalam penyediaan sarana angkutan bus air roro di wilayah Papua Barat.

“ASDP terus berupaya memperkuat konektivitas penyeberangan baik di kawasan Barat maupun Timur Indonesia sebagai penghubung antar pulau dan memacu pengembangan wilayah,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan apresiasi kepada ASDP yang telah merespon positif dan mendukung terjalinnya kerja sama operasional bus air roro di wilayah Papua Barat.

“Semoga dapat mendukung tersedianya aksesibilitas yang memadai bagi masyarakat, dan tentunya akan membawa kemajuan transportasi di Papua Barat,” ujarnya.

Ira juga memetakan rencana pengoperasian 3 bus Air Roro tersebut di antaranya, Bus Air Roro I Pangkalan Kabupaten Manokwari, dengan trayek: Manokwari (Kab.Manokwari)– Pulau Mansinam (Kab.Manokwari)-Oransbari (Kab.ManokwariSelatan)–Ransiki (Kab.Manokwari Selatan)-Momi/Momiwaren (Kab.ManokwariSelatan)-Mome/Mameh (Kab.ManokwariSelatan)-Yemberiki/Rumberpon (Kab. Teluk Wondama).

Selanjutnya, Bus Air Roro II pangkalan Kabupaten Teluk Wondama, dengan trayek : Wasior (Kab.TelukWondama)- Pulau Yop (Kab.TelukWondama)-PulauRoon (Kab.TelukWondama)- Windesi (Kab.TelukWondama) – Karuani/ Sabubar (Kab. Teluk Wondama) – Yende (Kab.TelukWondama) – Nordiwar/Rumberpon (Kab.TelukWondama)- Koprus/SoughWepu (Kab.TelukWondama) -Mome/Mameh (Kab. Manokwari Selatan). Selain itu, Bus Air Roro III Pangkalan Kabupaten Raja Ampat,dengan trayek: Waisai (Kab. Raja Ampat) – Arefi (Kab. Raja Ampat) – Pulau Senapan (Kab. Raja Ampat) – Waiwo (Kab. Raja Ampat) – Pulau Yefman (Kab. Raja Ampat) – Pulau SOP (Kota Sorong) – Pulau Doom (KotaSorong) –Sorong (KotaSorong).

Sebagai informasi, saat ini ASDP melayani sebanyak 35 pelabuhan di bawah 29 kantor cabang, melayani transportasi negeri ini dengan mengoperasikan lebih dari 200 unit kapal yang menghubungkan 272 lintasan. (SM01)

 29 total views,  29 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan