Mabes Polri : 7 hingga 9 Kelompok KKB Di Papua

Suaramambruk.com – Mabes Polri mengatakan, ada 7 hingga 9 Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang kini telah dilabeli sebagai kelompok teroris. Mereka berpencar dan bersembunyi di balik lebatnya hutan provinsi ujung timur Indonesia itu.

“Terkait dengan KKB di Papua, TNI dan Polri sudah melakukan pemetaan kelompok-kelompok tersebut. Ada 7-9 kelompok yang terpencar di beberapa daerah. Mereka sudah dapat diidentifikasi termasuk pimpinannya dan jumlah mereka diperkirakan sekitar 150 orang lebih,” kata Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri Kamis (20/5/2021).

Tak hanya itu, masih kata Ahmad, persenjataan mereka juga berhasil dipetakan namun tantangan dan kendalanya adalah medan atau lokasi mereka bersembunyi. Medannya luas dan hutan yang berbukit-bukit membuat pengejaran mereka tak bisa cepat.

“Tapi posisi mereka sudah mulai bisa dipetakan dan terus dilakukan pengejaran kepada mereka. Dan, tentu ada yang bersimpati pada kelompok ini namun yang kita petakan ya yang kelompoknya (saja),” imbuh Ahmad.

Sebelumnya tujuh kelompok itu diidentifikasi sebagai Kelompok Yambi yang dipimpin Lekagak Telenggen. Mereka berada di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak. Lalu kelompok Tingginambut yang dipimpin oleh Goliat Tabuni berada di wilayah Kabupaten Puncak Jaya.

Kelompok Gome dipimpin oleh Militer Murib dan Peni Murib berada di wilayah Kabupaten Puncak Jaya. Kelompok Lani Jaya dipimpin oleh Purom Okiman Wonda di wilayah Kabupaten Lani Jaya, dan kelompok Ndugama dipimpin oleh Egianus Kogoya di wilayah Kabupaten Nduga.

Dua lainnya adalah kelompok Tembagapura dipimpin oleh Ayub Waker dan Sabinus Waker di wilayah Kabaputen Mimika dan Kelompok Intan Jaya dan kelompok Kali Kopi dipimpin Joni Botak di Kabupaten Mimika. (SM01)

 2 total views,  2 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan