Genjot Pembangunan Antariksa di Papua, Pemda Numfor Minta ada Keberpihakan ke masyarakat

Jayapura ,Suaramambruk.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berupaya keras agar pembangunan bandar antariksa segera berjalan. Lokasi yang dipilih untuk proyek tersebut adalah Biak, Numfor, Papua.

Gayung pun bersambut, Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, merespons positif rencana itu. Apalagi, wilayah yang dipimpinnya terpilih untuk menjadi pusat penerbangan antariksa Indonesia.

Pemilihan lokasi dinilai tidak terlepas dari kajian dan analisis untuk menentukan tempat terbaik untuk dijadikan lokasi bandar antariksa.

Hal itu dinyatakan langsung oleh Herry dalam pertemuan yang membahas proyek tersebut bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Numfor, Lapan, dan DPRD daerah setempat. Akan tetapi, dia memberikan satu syarat kepada pemerintah, yakni keberpihakan kepada rakyat.

“Kehadiran kami di kantor Lapan Pusat dalam rangka melakukan pertemuan dengan Kepala Lapan beserta seluruh jajaran, pada prinsipnya kami Pemda dan DPRD Numfor dan masyarakat adat menyampaikan dukungan kami kepada pemerintah pusat dan Lapan untuk pembangunan bandar antariksa di kabupaten Numfor,” ujar Herry di kantor Lapan, Jumat (12/3/2021).

Meski begitu, Pemda Numfor mencatat ada sejumlah poin penting yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan pemerintah pusat. Poin tersebut diantaranya:

Pertama, pemberian dukungan dan komitmen dalam pembangunan bandar antariksa. Kedua Pemda akan berdiskusi tentang apa yang menjadi tanggung jawab Pemerintah pusat, Pemda Numfor, dan calon investor.

Ketiga, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak positif dan negatif dari pembangunan bandara antariksa.

Keempat, pemenuhan hak masyarakat atau keberpihakan pemerintah kepada masyarakat, secara khusus memberikan tempat yang layak bagi warga Numfor. SM02

RI Akan Bangun Landasan Roket Luar Angkasa di Wilayah Timur

Sebelumnya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa Indonesia berencana membangun landasan roket luar angkasa di daerah Timur Indonesia.

Rencana ini terungkap ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan CEO Tesla Inc Elon Musk tempat di Indonesia sebagai tempat landasan peluncuran roket SpaceX.

“Kalau ditanya di mana itu memang potensi di wilayah timur. Lokasi di mana belum bisa kami sampaikan. Tapi bahwa ada potensi, iya potensi itu ada, doain ya,” kata Bahlil dalam konferensi pers secara virtual,  Rabu (24/2/2021).

Ia mengatakan bahwa pembangunan landasan roket ini bukan untuk dikonsumsi publik. Namun ia menyampaikan pemerintah sedang dalam tahap negosiasi.

“Sampai dengan sekarang, jujur, kalau cerita-cerita informal dan formal ada, tapi belum untuk saya sampaikan ke depan publik mohon kasih kami waktu biar kami clearkan dulu,” jelas

Sebelumnya, dalam keterangan resmi keterangan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Indonesia (Marves), ada  perbincangan Presiden Joko Widodo dengan CEO dari Tesla Elon Musk yang menyatakan bahwa Indonesia  menawarkan diri menjadi tempat peluncuran roket SpaceX.

“Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX,” kementerian, dikutip pada Selasa (15/12/2020).  (Sm01)

 

 8 total views,  8 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan