Tumpas OPM , 200 BKO Brimob Diberangkatkan Ke Papua

Jayapura,Suaramambruk.com – Kepolisian Daerah ( Polda) Nusa Tengara Timur ( NTT) Mengirim 100 personel Brimob untuk membantu menumpas kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Intan Jaya, Papua. Sesuai dengan rencana 100 personel Brimob Polda NTT akan diperbantukan di Papua selama enam bulan ke depan hingga Agustus mendatang. “Mereka akan diberangkatkan pada Kamis (18/2/2021) besok,” kata Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif, Rabu (17/2/2021).

Kapolda mengatakan, pemberangkatan 100 anggota Brimob Polda NTT untuk membantu Polda Papua merupakan suatu kehormatan bangsa dan Negara .Kapolda juga berpesan agar mereka yang berangkat itu harus kembali lagi ke Kupang dengan jumlah yang sama.”100 orang yang berangkat maka yang kembali pun harus utuh 100 orang pula. Tidak boleh berkurang dengan alasan apa pun,” ucapnya.

Kapolda NTT ,Irjen Pol Lotharia Latif Saat Memimpin Apel Pelepasan Brimob BKO Ke Intan Jaya Papua ( Foto: Humas Polda NTT)

Kapolda juga meminta agar anggota Brimob saat bertugas ke Papua selalu mengawali tugas dengan doa serta mematuhi SOP. “Jangan membenarkan yang biasa dan membiasakan yang benar,” ujar Kapolda NTT.

Selain itu, personel yang berangkat itu tidak boleh meremehkan situasi dan kondisi yang saat ini terjadi di Papua.”Dibutuhkan disiplin diri dan kesatuan serta saling menjaga satu dengan yang lain,” ujar Kapolda NTT.

Anggota Brimob Polda NTT juga diminta menjaga marwah Polda NTT dan institusi Polri. Kapolda NTT menjanjikan reward bagi anggota Brimob Polda NTT yang melakukan BKO ke Polda Papua.

“Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil. Jiwa ragaku demi kemanusiaan,” ujar Kapolda NTT memberikan semangat kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua.

Ada yang unik dalam upacara pelepasan kali ini. Kapolda NTT dan seluruh pejabat utama serta anggota Polri yang hadir memberikan penghormatan khusus kepada 100 anggota Brimob Polda NTT BKO Polda Papua. Baik Kapolda NTT maupun anggota yang hadir menghadap ke 100 anggota Brimob dan melakukan penghormatan. “Ini merupakan tradisi yang meningkatkan jiwa korsa dan wujud penghargaan dari pimpinan kepada personel-personel yang akan berangkat bko,” katanya.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo Memeriksa Pasukan Brimob yang Akan Diberangkatkan Ke Papua ( Foto : Humas Polda Jambi )

100 Brimob Polda Jambi Ke Papua

Sebanyak 100 personel Satuan Brimob Polda Jambi ditugaskan ke Kabupaten Puncak, Papua. Mereka akan ikut menangani masalah gangguan dari kelompok Organisasi Papua Merdeka  (OPM) di daerah tersebut. Para personel brimob tersebut mendapat penugasan bawah kendali operasi (BKO) Polda Papua. Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo memberangkatkan pasukan khusus ini pada Rabu (17/2/2021). “Saya yakin saudara sudah dilatih dipersiapkan baik fisik mental maupun keterampilan oleh Bapak Dansat dan Wadansat Brimob, jangan lengah dalam waktu enam bulan ke depan,” kata Irjen Pol Rachmad, Rabu pagi tadi.

Dia berpesan agar anggotanya dapat kembali ke Jambi nantinya dalam kondisi seperti saat diberangkatkan. Tidak sampai ada yang mengalami masalah saat bertugas di Papua. “Saudara-saudara berangkat utuh kembali utuh dan tidak ada yang terluka atau kurang apapun,” ujar Kapolda Rachmad.

Sebanyak 100 Personel Brimob Polda Jambi BKO Polda Papua ini akan melaksanakan tugas di Kabupaten Puncak Jaya. Mereka akan bertugas di sana selama enam bulan. Di daerah operasi, pasukan BKO akan melaksanakan tugas melaksanakan patroli dan pengamanan daerah rawan gangguan Kelompok OPM, penebalan di polsek rawan dan daerah konflik. Selain itu, mereka juga bertugas menjaga, memberikan rasa aman masyarakat dan menjamin situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.  (SM03)

 23 total views,  23 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan