Pemprov Papua , Targetkan 1,9 Juta Penerima Vaksin

Jayapura,Suaramambruk.com–Dinas Kesehatan Papua menargetkan 1,9 juta penerima vaksin Covid-19 di Papua. Penerima vaksin adalah mereka yang berumur 18 hingga 59 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Robby Kayame saat ditemui di Jayapura, Rabu (30/12/2020), mengatakan, pihaknya menargetkan melaksanakan pemberian vaksin Covid-19 hingga 95 persen dari total target 1,9 juta orang itu. Pemberian vaksin difokuskan untuk daerah yang tinggi kasus Covid-19, seperti Jayapura, Mimika, dan Nabire.

Pemberian vaksin pun diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, aparat TNI-Polri, satuan polisi pamong praja, hingga atlet dan panitia pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada Oktober 2021.

”Mereka diprioritaskan karena menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Sementara untuk para atlet agar dapat mempersiapkan diri menghadapi PON di Papua,” ujar Robby.

Robby menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar untuk melatih tenaga vaksinator di seluruh fasilitas kesehatan di Papua. Hal ini agar pemberian vaksin kepada masyarakat tidak bermasalah nantinya.

”Kami juga menggiatkan sosialisasi pemberian vaksin karena masih kurangnya pemahaman masyarakat. Kami akan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama agar terlibat dalam kegiatan sosialisasi,” katanya. Ia berharap pemberian vaksin Covid-19 dapat meningkatkan produktivitas kerja masyarakat dan perekonomian Papua kembali membaik seperti semula.

Hingga Selasa (29/12/2020), jumlah kematian akibat Covid-19 di Papua mencapai 238 orang. Sebanyak 1.207 orang dirawat dan 11.935 orang lainnya sembuh. Adapun positivity rate Covid-19 di Papua mencapai 13,81 persen. Angka tersebut jauh di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO), yakni 5 persen.

Ketua Harian Satuan Tugas Pengendalian, Pencegahan, dan Penanganan Covid-19 Papua Welliam Manderi menambahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar memastikan penyediaan fasilitas penyimpanan vaksin di Papua tidak terkendala.

 

Target Penerima Vaksin di Papua 1,9 Juta Orang

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua Aaron Rumainum mengatakan, pihaknya mulai gencar melakukan sosialisasi pemberian vaksin Covid-19 di sejumlah kabupaten.

Menurut dia, terdapat tiga tantangan dalam pemberian vaksin Covid-19 di Papua, yakni minimnya fasilitas penyimpanan vaksin, minimnya tenaga pemberi vaksin atau vaksinator yang baru mencapai sekitar 300 orang, dan kendala jaringan telekomunikasi di seluruh Papua yang belum memadai untuk pendaftaran peserta vaksinasi via pesan telepon seluler.

”Kami akan menyiapkan tambahan sukarelawan yang menjadi vaksinator. Kami meminta pemerintah bisa menyiapkan fasilitas penyimpanan vaksin untuk 467 fasilitas kesehatan di Papua dan tidak memberlakukan pendaftaran via pesan telepon di seluruh wilayah Papua,” kata Aaron. (SM03)

 2 total views,  2 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan