Cara Potong Ikan Tuna agar Dagingya Tidak Hancur, Ikuti 4 Langkah Ini

Suaramambruk.com– Terdapat beragam jenis tuna di pasaran, ada yang bentuknya lebih kecil daripada jenis lainnya dan warnanya abu-abu. Pilih tuna segar yang aromanya segar, serta terlihat lembab dan warnanya cerah. Hindari tuna yang warnanya tampak kusam atau kecoklatan di bagian tepinya, seperti dikutip dari MasterClass. Apabila kamu membeli ikan tuna utuh dan segar di pasar, coba potong dengan hati-hati agar dagingnya tidak hancur. Alat utama tentunya pisau tajam dan talenan. ChefSteps membagikan cara memotong ikan tuna sebelum siap kamu olah. Baca juga: Panduan Lengkap Pilih Ikan Tuna yang Segar, Perhatikan Jenisnya! Lihat Foto Ilustrasi chef memotong kepala tuna.

  1. Potong kepala tuna Letakkan tuna miring, bagian perut menghadap ke kamu. Gunakan bagian belakang pisau untuk mengecek bagian keras dan bersisik di sepanjang sisi tuna dari sirip dada sampai ekor. Iris bagian keras tersebut ke arah sirip dada, usahakan mulai dari dekat ekor. Iris sampai memotong kepala, lakukan pada kedua sisi tuna. Selanjutnya, potong tulang punggung. Gunakan telapak tangan untuk memukul bagian belakang pisau agar lebih mudah memotong tulang lunak tuna. Tarik kepala dari badan tuna. Potong bagian yang menyerupai kerah pada kepala tuna. Jadi, nanti tinggal bagian kepala utuh. Baca juga: Pilih Ikan Tuna Kualitas Bagus Sekarang Bisa Pakai Aplikasi Smartphone
  2. Iris bagian keras pada tulang belakang tuna Letakkan tuna secara tegak, bagian perutnya di talenan. Iris tulang belakang tuna dari ekor menuju bagian kepala. Caranya, pegang sirip punggung lalu iris tulang belakang tersebut sampai ke kepala. Namun, jangan iris terlalu kencang, perlahan saja karena bagian ini sangat lembut dan mudah hancur.
  3. Potong daging tuna Baringkan tuna secara miring, iris daging dari pinggang sampai tulang atas. Ujung pisau seharusnya mengenai tulang tuna. Ambil bagian daging tersebut, potong menggunakan pisau. Simpan di kulkas. Selanjutnya, balik tuna sehingga ekornya menghadap ke kamu. Potong tulang tuna yang ada di pinggang bawah sampai perut. Potong ujung ekor pinggang bawah, iris tepat di tengah dari ekor sampai rongga perut. Lakukan langkah tersebut pada kedua sisi tuna.
  4. Filet daging tuna Langkah terakhir, potong perut tuna yang berlemak. Potong ujung ekor tuna yang keras. Filet kulit ikan tuna dan simpan dalam kulkas. Kalau mau daya simpannya lebih lama, bungkus dulu pakai kertas sushi atau masukkan kemasan vakum.

 1,218 total views,  19 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan