Tokoh Pemuda Mpur Minta Gubernur Dan Bupati Dukung Terbentuknya Pemuda Suku

Manokwari ,Suaramambruk.com –Tokoh Pemuda Suku Mpur , Ottow Ajoi Meminta  Gubernur Papua Barat dan Bupati Tambrauw Mendukung  Dana Musyawarah dan Rapat kerja pemuda suku pemuda mpur . tujuan hadirnya pemuda mpur tidak lain Untuk menjaga alam dan Tanah adat leluhur suku Mpur .

Akhir – akhir ini banyak penjahat lingkungan merusak alam kami , kami tidak berdaya karna tidak didukung dengan biaya . biaya bertujuan mensosialisasi ke masyarakat adat untuk tidak menjual tanah adat , menyerahkan tambang dengan sebebas – bebasnya tanpa pikir resiko. “ pengalaman kebun jagung menjadi trauma buat pemuda suku ,” Kata Ottow Senin (01/12/2020)

Ottow Ajoi Meminta Bupati Tambrauw dan Gubernur  yang juga kepala suku arfak wajib membantu kami dengan dana otsus , dana yg besumber dari pemerintah juga  darah dan air mata Orang Asli Papua (OAP) alias dana otsus itu untuk penguatan pemberdayaan kelembagaan adat, mengigatkan bahwa betapa penting nya melidungi tanah, hutan, laut demi keberlangsungan hidup oap atas ciptaan Tuhan kepada orang asli papua.

“Bupati Tambrauw dan Gubernur  yang juga kepala suku arfak wajib membantu kami dengan dana otsus supaya dana itu jangan bangun – bangun saja tapi kasih kami jaga alam juga , dana itu dana air mata OAP,” kata Ottow”

Lebih lanjut ottow mengatakan pemuda dimanokwari baru – baru ini  mendapatkan laporan dari masyarakat ada tambang ilegal yang beroperasi di wilayah adat, tapi karna kerterbatasan dana  pemuda mpur belum bekerja maksimal . ia mengatakan bilang ditunjang dengan dana yang cukup Pemuda Suku berencana akan mengadvokasi masyarakat adat, juga turun gunung ke kampong – kampong untuk sosialisasi beta pentingnya tidak boleh jual tanah  . “ Kalau dana cukup kami pemuda akan bicara kepada orang tua stop jual tanah ,  karna tanah itu baru kamu hidup ,” kata ottow

Lebih lanjut ottow mengatakan, selain agenda itu salah satu agenda pemuda juga melantik pemuda – pemuda mpur di Papua Barat , Kabupaten , Kota yang ada orang mpur khusus di Tambrauw kita akan lantik pemuda – pemuda suku sampe di ditingkat bawah yakni dusun . setelah pelaksanaan musyawarah pemuda suku mpur yang direncanakan desember ini .

 95 total views,  1 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan