Polairud Polda Maluku Gagalkan Penyelundupan 5 Ton Sopi yang Akan Dikirim ke Papua Barat

Ambon,Suaramambruk.com  – Direktorat Polairud Polda Maluku berhasil menggagalkan penyeludupan 5 ton sopi. Di mana sebanyak 5 ton minuman keras lokal jenis sopi yang akan diselundupkan ke Papua Barat ini berhasil digagalkan pada Selasa  20 Oktober 2020, di Laut Seram, Maluku.

5 ton atau sebanyak 5.280 liter miras khas Maluku yang biasa disebut sopi ini dikemas  ke dalam 176 jeriken berukuran 30 liter. Menurut Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rasyid, kepada wartawan, Kamis (22/10/2020)  rencananya akan dibawa ke Kabupaten Fak Fak, Provinsi Papua Barat melalui jalur laut  menggunakan longboat.

Namun, saat berada di  Perairan Desa Aketernate, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Kabupaten Maluku Tengah, longboat ini berhasil diamankan bersama enam orang awaknya.Rasyid menjelaskan saat kapal  KP. XVI-2005 Dit Polairud Polda Maluku  melakukan patroli rutin di kawasan ini.

Melihat adanya longboat yang berlayar di perairan ini, setelah diperiksa ditemukan adanya ratusan jeriken berisi sopi di dalam perahu motor  panjang ini. ‘’Karena curiga kita periksa, ternyata di dalam boad ini ada ratusan jerigen berisi sopi setelah diinterogasi ketahuan akan dibawa ke Fak-Fak. Langsung diamankan petugas saat itu juga ,’’ jelas Rasyid.

Di dalam long boat ini ada enam orang awak perahu yakni Lahuse (59), La Ama (47), Abdul Awahab (34), :a Wawan ((28), Ruben Sabuno (30) dan Mardin (16) asal kampung Kapar Tutin, Kecamatan Prawira, Fak Fak, Papua Barat.

‘’Mereka berenam bersama barang bukti ratusan jerigen sopi ini langsung kami amankan, meski saat ini mereka masih berstatus saksi, pengakuan mereka sehari-harinya adalah  nelayan,” katanya.

“Menurut mereka sopi ini diambil dari  Desa Aketernate, tapi masih kami selidiki lagi, ‘’jelasnya.

Menurut Rasyid, untuk proses pemeriksaan saat ini keenam orang saksi dan  barang bukti sopi serta  longboat berada di markas Dit Polairud Polda Maluku, Lateri, Kota Ambon..(SM02)

 12 total views,  12 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan