Gubernur Papua Barat Diminta Hadir Dipersidangan , Ini Tangapan Pengacara

Pengacara Gubernur Papua Barat, Yan Christian Warinussy, SH ( Foto : Andi , Taburapos.com)

Suaramambrukdotcom–Saiful anam , kuasa hukum mantan komisioner komisi pemilihan umum ( KPU ) RI Wahyu Setiawan , mendesak komisi pemberantasan korupsi ( KPK) untuk menghadirkan Gubernur Papua Barat , Dominggus Mandacan dalam dugaan suap yang menjerat kliennya .Saiful beralasan , ada fakta persidangan yang mengungkapkan keterlibatan Gubernur Dominggus dalam perkara tersebut .Sperti terungkap dalam tindak pidana korupsi ( Tipikor ) Jakarta , kamis ( 9/7/2020)

“dalam keterangan di persidangan , Mantan Sekretaris KPUD Papua Barat mengaku dugaan uang suap tersebut disedikana atau berasal dari Gubernur Papua Barat . Karena itu , kami meminta agar Gubernur Dominggus dihadirkan dalam persidangan . sangat aneh kalau dia tidak tersentuh . keterangannya diperluhkan agar fakta persidangan tidak terputus ,” kata Saiful Anam , dalam keterangan kepada awak media sabtu ( 11/7/2020 ).

Menangapi itu Pengacara Gubernur Papua Barat, Yan Christian Warinussy, SH menyampaikan bahwa Bapak Gubernur Papua Barat sangat menghormati hukum. Buktinya setiap kebijakan pemerintah daerah yang dilakukan dan jika ada rakyat yang tidak sependapat, maka Pak Gubernur PB selalu menyampaikan silahkan digugat secara hukum. Berkenaan dengan itu, dalam kasus dugaan suap yang tengah melibatkan mantan komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Bahkan diduga melibatkan mantan Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Thamrin Payapo. Kemudian “membawa-bawa” nama Gubernur Papua Barat saat ini menurut saya perlu dicermati dan dikaji secara baik oleh semua pihak. Terutama dari sisi hukum dan hak-hak Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan sebagai subjek hukum”. kata Warinusy (12/07/2020)

Pengacara yang banyak membelah kasus Ham dipapua itu melanjutka ,Karena sidang saudara Wahyu Setiawan sudah berjalan, maka marilah kita hormati proses peradilan yang sedang berjalan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Segenap keterangan dari Thamrin Payapo sudah kami peroleh copynya juga dan telah dikaji dari sisi hukum, baik pidana maupun perdata. Sehingga cukup bukti bagi klien kami untuk dapat mengambil segenap langkah hukum lebih lanjut nantinya.

sebelumnya Mantan Sekretaris KPU Papua Barat Rossa Muhammad Thamrin Payapo mengakui telah mentransfer uang sebesar Rp.500 Juta kepada Wahyu Setiawan melalui rekening istrie dari sepupuhnyaUang yang diakui thamrin berasal dari Gubernur Papua Barat , Dominggus Mandacan tersebut terkait dengan proses seleksi calon anggota KPU Propinsi Papua Barat Periode 2020 -2025. Diduga , uang itu diberikan kepada Wahyu yang diyakini dapat membantu dalam proses seleksi agar ada orang asli papua yang lolos menjadi anggota KPU Papua barat . Keterangan Muhammad Thamrin itu sesuai dengan dakwaan jaksa penuntut umum ( JPU) KPK Takdir Suhan , yang dibacakan dalam persidangan sebelumnya .

Sementara itu Pelaksana Tugas ( Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebutkan , tidak tertutup kemungkinan KPK menghadirkan saksi –saksi lain yang tidak ada dalam berkas perkara , termasuk Gubernur Papua Barat . Namun , ia meminta masyarakat untuk mengikuti terlebih dahulu persidangan yang saat ini sedang berlangsung .(SM01)

 5 total views,  5 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan