Apa itu Google Plus (Google+)?

Suaramambrukdotcom— Google+ atau Google Plus adalah website jejaring sosial buatan Google. Kita sebelumnya telah mengenal FacebookTwitter, Myspace, Friendster (sudah tamat), Hi5 sebagai media jejaring sosial terkenal dunia.Google mengklaim bahwa Google+ mempunyai fasilitas dan manfaat melebihi jejaring sosial yang telah ada. Beberapa agak mirip dengan fasilitas yang ada di Facebook. Dengan Google+ didalamnya menawarkan: Informasi profil, Circles, Foto, Acara, Hangout, Laman, Community, Lokal, Status dan Berbagi (sharing) dan mudah terlihat di Google search.

Pada profil, fasilitas untuk tampilkan identitas pengguna. Circles fasilitas untuk kelompokkan jenis hubungan (teman, keluarga, dll). Foto untuk upload foto dan ciptakan album. Acara untuk membuat jadwal kegiatan dan publikasikan. Hangout adalah fasilitas berbicara secara video langsung dengan sesama pengguna Google+. Laman adalah fasilitas untuk ciptakan halaman bisnis, komunitas, organisasi, dll. Community adalah kumpulan grup-grup dengan topik kesukaan tertentu (Ini mirip dengan Facebook Group). Lokal adalah fitur yang terintegrasi dengan Google Maps, bisa mencari tempat tertentu dan berikan penilaian (review). Status dan berbagi adalah kemampuan untuk menuliskan sesuatu (pikiran, link website, video) dan membagikannya ke umum atau jaringan (circle) tertentu. Google+ selalu muncul di hasil pencarian Google.

Untuk membuat Google+, Anda cukup mempunyai akun Google atau Gmail saja. Dengan klik menu nama maka sudah terlihat Google+ nya.

Bagi pebisnis atau individu yang punya tujuan publikasi, Google+ mempunyai banyak manfaat, diantaranya:

1. Google+ berkembang pesat. Menurut Google, Google+ adalah website jejaring sosial yang pertumbuhannya pesat. Google+ mempunyai 135 juta pengguna seluruh dunia dan 60% nya selalu login dan update informasi setiap hari.

2. Google+ punya fasilitas yang melebihi jejaring sosial yang ada. Dengan satu akun Google+, semua fasilitas Google bisa digunakan semisal Youtube, Picasa, Adwords, Adsense, berbicara live video dan lain sebagainya.

3. Google+ cepat tampil di hasil pencarian Google. Informasi yang Anda publikasikan di Google+ Anda bisa berpotensi tampil di Google Search. Kadangkala keberadaan website Anda kalah dengan kekuatan posting dalam Google+.

4. Google+ dapat meningkatkan keberadaan website di Google Search. Pasang tombol +1 di setiap halaman website Anda agar mendapatkan klaim sosial dari pengguna-pengguna Google+ lainnya. Saat ini Google mempertimbangkan sinyal media sosial untuk memperkuat rangking website Anda.

5. Google+ mampu tampilkan lokasi usaha dalam Google search. Ketika punya Google+ tipe laman maka alamat dan peta usaha Anda akan muncul di hasil pencarian atau di Google Maps. Maka buatlah nama usaha yang sesuai dengan kata kunci produk Anda.

6. Google+ mampu menjadikan Anda sebagai pemilik konten. Ketika membagikan sebuah informasi dalam posting Google+ maka informasi itu akan tertampil di hasil pencarian Google dengan gambar profil Anda disampingnya.

7. Google+ Communities sebagai tempat berbincang. Seperti sebuah group maka didalamnya terdapat interaksi dari sesama pengguna Google+ lainnya. Anda bisa publikasi disana atau menggunakannya sebagai media mendekati masyarakat pengguna Google+.

Dari Wikipedia

Google+ (diucapkan dan terkadang ditulis sebagai Google Plus; kadang-kadang disebut G +) adalah jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google. Jaringan ini diluncurkan pada 28 Juni 2011, dalam upaya untuk menantang jejaring sosial lainnya, menghubungkan produk Google lainnya seperti Google DriveBlogger dan YouTube. Layanan tersebut, perampokan keempat Google ke jejaring sosial, mengalami pertumbuhan yang kuat di tahun-tahun awal, meskipun statistik penggunaan bervariasi, tergantung pada bagaimana layanan didefinisikan. Tiga eksekutif Google mengawasi layanan ini, yang mengalami perubahan besar yang menyebabkan desain ulang pada November 2015.

Karena penggunaan pengguna yang rendah dan kelemahan desain perangkat lunak yang diungkapkan yang berpotensi memungkinkan pengembang luar mengakses informasi pribadi penggunanya,[3] API pengembang Google+ dihentikan pada 7 Maret 2019, dan Google+ ditutup untuk penggunaan bisnis dan konsumen pada 2 April, 2019.[4] Google+ terus tersedia sebagai “Google+ untuk G Suite”, yang kemudian diganti namanya menjadi “Google Currents“.[5]

 44 total views,  44 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan