3 Sungai Di Tambrauw, Tak Layak Konsumsi

Suaramambrukdotcom – tiga sungai di lembah kebar yaitu Sungai Api, afrawi dan arapi tidak layak untuk di konsumsi warga di distrik senopi, distrik mawabuan, distrik manekar, juga distrik kebar.

Wakil Ketua 1 DPRD Tambrauw,  Paulus Ajmbuani,  SH .  Mengatakan Warga selama ini hanya pasrah mengunakan sungai – sungai untuk kebutuhan hidup mereka.  ” ada sumur – sumur milik warga hanya saja airnya berwarna kemerah – merahan sperti karat , kali airnya berkeruh pokoknya tidak layak konsumsi”  kata paulus (06/07/2020)

Politis Gerindra itu mengatakan di ada kebar sendiri ada aliran air bersih hanya saja warga harus mengunakan air yang mengalir ke peternakan sapi. Ia berharap Propinsi atau pun Kabupaten dapat membuat salur pipa yang besar.  Untuk warga lembah kebar ,dari timur,  tengah ,sampe barat bisa menikmati air layak konsumsi . ”  saya pernah usulkan Ke Kabupaten hanya saja dana yang besar tidak mampu menjawab pembangunan air bersih tersebut  ”

Warga Mendukung

Sementara itu Tokoh Pemuda Mpur raya,  Ferdinan Asentowi S.ip mengatakan sejak indonesia merdeka tidak ada pembangunan air bersih di lembah kebar yang layak konsumsi langsung dirumah – rumah warga.

Mewakili marga asentowi kami siap berikan lahan air terjun untuk dibangun sarana air bersih di lembah kebar. ” Dari kebar barat ke tengah dan timur ,kalau air terjun afrawi kekuataannya bisa sampe kami dukung ”

” saya juga sudah kumpulkan kepala kampung khusus sekitar air terjun afrawi ,untuk dana kampung sebagian disaveing  untuk konsultan hitung rab supaya usulan ini kita teruskan ke Propinsi karna dana besar”

Ferri sapaan akrab mengatakan, Gubernur harus perhatikan Tambrauw   ” sejak propinsi berdiri , banyak orang propinsi ke lembah ini survei – survei, janji ada bangunan ini bangunan itu,  tidak pernah ada  pembagunan  ” tegas feri  (SM 01)

 57 total views,  19 views today

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan