Kapolda Papua : Senjata Ke KKSB Dari Dalam dan Luar Negeri

Suaramambrukdotcom — Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya menduga ada senjata yang digunakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Menurut Jendral Bintang dua , berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya, ada senjata rakitan berspesifikasi modern yang dirakit di Lumajang. Senjata tersebut terindikasi sudah masuk di Papua. Menurut Paulus, hal ini merupakan pekerjaan besar bagi TNI-Polri untuk melakukan pengusutan. “Senjata rakitan ini terindikasi sudah masuk di Papua,” kata Mantan Kapolda Sumut itu di timika (15/1/2020).

Selain itu Mantan Kapolda Papua Barat mengataka , senjata dan amunisi yang digunakan KKBS juga diduga kuat dipasok dari luar negeri. Dalam beberapa kasus sebelumnya, berhasil diungkap penyelundupan senjata dan amunisi ke Papua. Penyelundupan senjata tersebut dari negara papua nieuw guinea (PNG) dengan melewati jalur-jalur tikus di perbatasan negara Republik Indonesia-PNG.

Senjata Dari Papua Nieuw Guinea

Sebelumnya Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 713 Satya Tama yang bertugas di wilayah perbatasan Papua – PNG menemukan tiga pucuk senjata rakitan tak bertuan di hutan Muara Tami, Kota Jayapura, Senin (4/11/2019).

Tiga senjata ditemukan dalam tumpukan daun kelapa kering yang diduga menjadi tempat persinggahan pelintas di hutan. Dari tiga pucuk senjata, dua di antaranya jenis laras pendek dan satu laras panjang.

Komandan Satgas Pamtas Yonif 713/ST, Letkol Inf Dony Gredinand menerangkan, ketiga senjata tidak bertuan yang diketemukan kini telah diamankan di Pos Kotis Skouw.

 

Temuan ini, kata Dony berawal dari laporan seorang petani berinisial JD (35 tahun) warga Kampung Selayar yang mendengar suara letusan tembakan dari arah hutan saat memancing di telaga dekat Pos Bendungan Tami, 30 Oktober 2019 lalu.

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *