Potret Kengerian Penjara Vietnam, Bak Neraka Dunia

Suaramambrukdotcom — Apa yang kalian pikirkan soal penjara? pasti berpikir bahwa penjara merupakan tempat bagi penjahat dan disana mereka menerima hukuman sesuai Undang-Undang yang berlaku. Namun, bagi tahanan bisa jadi penjara merupakan ‘neraka’ di bumi. Seperti yang terdapat di Vietnam. Yap! penjara bernama Phu Quoc ini dibangun oleh penjajah Perancis bagi tentara komunis di Vietnam.

 

Di penjara ini, napi disiksa tanpa belas kasih. Bahkan sejak hari pertama ia dimasukkan. Saat pertama dimasukkan dalam penjara, narapidana “diberi sambutan” dengan dipukul dengan palu kayu pada kepalanya. Penyiksaan dimulai dari narapidana dijemur di bawah teriknya matahari tanpa pakaian dan dikurung dalam sebuah sangkar dan disulut dengan timah panas hingga pingsan.

Jika tahanan melawan, akan dipukul hingga ditembak. Kengerian tidak sampai disitu, para narapidana juga dikubur hidup-hidup, disoroti dengan lampu intensitas tinggi hingga buta, dibakar, dan lainnya.

Jangan harap, di penjara ini ada fasilitas seperti makanan, tempat tidur maupun dokter. Yang ada hanya sipir yang berjaga di dalam ruangan serta 4 batalyon serdadu bersenjata lengkap selama 24 jam.

Gerbang penjara ini terbuat dari kawat berduri setinggi pohon kelapa dan berlapis empat. Setiap lapis dijaga oleh tentara bersenjata. Jadi, jangan harap narapidana bisa kabur.

Menurut catatan sejarah, penjara ini telah menampung 40 ribu jiwa dengan 4 ribu jiwa meninggal dunia serta ratusan ribu jiwa cacat permanen.

Pada tahun 1993, penjara ini berubah menjadi sebuah museum berisi patung ilustrasi tentang kondisi narapidana waktu itu. Hingga saat ini, penjara yang berubah menjadi museum ini tak pernah sepi oleh pengunjung lokal maupun mancanegara.

So, kalian yang akan berlibur ke Vietnam, tertarik berkunjung ke museum ini?

 

Mambruk

Sebuah Berita Terkini & Investigasi Di Tanah Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *